Kelompok 6
Ketua Kelompok :
-
Reza Al Fariz (13-113)
Link blog : 13113raf.blogspot.com
Anggota Kelompok :
-
Irvine Talenta (11-088)
Link blog : 11088iths.blogspot.com
-
Rizki Wadiah (13-037)
Link blog : 13037rw.blogspot.com
-
Hanna Chairunnisa (13-105)
Link
blog : 13105hcl.blogspot.com
-
Flora Liharni Purba (13-123)
Link blog : 13123flp.blogspot.com
Profil sekolah :
Nama Sekolah : SMP Dharma Pancasila
Alamat :
Jl. Dr. T. Mansyur No. 71-C, Medan
Uang Sekolah : Rp. 225.000,-/Bulan
Tata letak sekolah :
- Sekolah
menghadap ke Timur
- Jumlah Kelas :
Kelas
VII : 4
Kelas
VII : 5
Kelas
IX : 5
Seluruh kelas terletak di lantai II
kecuali kelas Ixd dan IXe yang terletak dibawah, tepatnya disebelah barat.
Fasilitas sekolah :
Terdapat Mushalla, laboratorium IPA,
green house, kantin di dua titik, ruang komputer,
ruang multimedia, ruang UKS/BP, perpustakaan, lapangan, ruang pramuka, toilet
di tiga titik, lokasi pembibitan tanaman, tata usaha, kamar piala, dan taman.
Profil kelas yang diobservasi :
Kelas
: VIIb
Pengajar :
Sri Hartati
Ketua Kelas : Andra Yoga
Sekretaris : Juwita Sembiring
Bendahara : Khairunissa
Pelajaran
: Geografi
Lama
Observasi : 45 menit
Jumlah
Meja : 18
Jumlah
Kursi : 36
Jumlah
Siswa : 36
Peta :
Ø Italia
Ø Benua
Australia
Ø Brunei
Darussalam
Ø Perancis
Ø Singapura
Terdapat :
Kalender
Papan
tulis
Jam
dinding
Papan
Daftar Hadir
Lukisan
Pahlawan
Gambar Presiden
& Wakil Presiden
Pancasila
Cara berbicara :
- Baik.
- Pengajar menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
- Ada sebagian Siswa yang kurang menghargai apa yang dikatakan guru.
- Siswa kurang sopan karena berteriak-teriak.
Sorot tatap mata :
- Ada interaksi antara pengajar dan murid.
- Hanya murid-murid yang tempat duduknya di depan yang memperhatikan sedangkan yang dibelakang banyak yang bermain dan bahkan ada yang mengantuk.
- Ada siswa yang memperhatikan namun hanya diam dan menulis.
Body language:
- Pengajar mencoba untuk mengajak siswa aktif dengan memberi pertanyaan.
- Pengajar mencoba menerangkan dengan alat peraga dengan menggunakan tangan, pulpen atau apapun yang mudah untuk dimengerti oleh murid.
- Menggunakan pemisalan-pemisalan sehingga siswa mudah menangkap maksud pengajar.
- Kurang mampu untuk mengontrol keadaan kelas sehingga kelas tidak kondusif.
- Siswa kurang memberikan respon terhadap pelajaran yang di berikan.
Menciptaan Lingkungan yang Positif dalam Pembelajaran
Strategi umum mencakup penggunaan gaya otoritatif dan
menajemen aktivitas kelas secara efektif.
› Menggunakan Gaya Otoritatif
› Guru akan punya murid yang cenderung mandiri
› Tidak cepat puas
› Mau bekerja sama dengan teman
› Menunjukkan penghargaan diri yang tinggi
› Melibatkan murid dengan kerja sama give-and-take
› Menunjukkan sikap perhatian kepada mereka
Gaya manajemen kelas otoritarian dimana guru menjaga ketertiban di kelas bukan berfokus pada pengajaran dan pembelajaran. Murid di kelas cenderung pasif, tidak mau berinisiatif dalam beraktivitas, mengekspresian kekhawatiran tentang perbandingan sosial, dan memiliki ketrampilan komunikasi yang buruk.
Gaya manajemen kelas yang permisif memberi banyak otonomi para murid tapi tidak memberi banyak dukungan untuk pengembangan keahlian pembelajaran atau pegelolaan perilaku mereka. Murid memiliki keahlian akademik yang tidak memadai dan kontrol diri yang rendah.
Mengelola aktivitas kelas secara efektif
› Menunjukkan seberapa jauh mereka “mengikuti”. Guru
akan selalu memonitor murid secara regular
› Atasi situasi tumpang-tindih secara efektif. Guru yang
efektif akan mampu mengatasi situasi tumpang-tindih secara lebih baik.
› Menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran. Manajer
yang efektif akan menjaga aliran pelajaran tetap lancar,
mempertahankan minat murid
dan menjaga agar murid tidak mudah terganggu.
› Libatkan murid dalam berbagai aktivitas yang
menantang. Manajer kelas yang efektif melibatkan murid dalam berbagai tantangan
tetapi bukan aktivitas yang terlalu sulit
Ada 3 strategi mengajak murid untuk bekerja sama
yaitu:
1. Menjalin hubungan positif dengan murid.
2. Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab.
3. Memberi hadiah pada perilaku yang tepat.
1. Menjalin hubungan positif dengan murid.
2. Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab.
3. Memberi hadiah pada perilaku yang tepat.
Keterampilan Berbicara
Beberapa strategi berbicara secara jelas di depan kelas antara lain :
- Menggunakan tata bahasa dengan benar.
- Memilih kosakata yang mudah dipahami dan tepat bagi level grade murid.
- Menetapan strategi untuk meningkatkan kemampuan murid dalam memahami hal yang dikatakan guru.
- Berbicara dengan tempo yang tepat tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
- Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis.
Analisa
Bila dilihat dari cara guru menyampaikan materi bahwa
sebenarnya guru tersebut sudah dapat dikatakan memiliki keterampilan bicara
yang baik karena guru menggunakan tata bahasa yang benar, berbicara dengan tempo yang tepat yang tidak terlalu
cepat dan tida terlalu lambat, menggunakan kosakata yang mudah dimengerti murid, dan tidak menyampaian hal-hal yang kabur. Tetapi
ada sebagian murid yang tidak menghargai dan mendengarkan saat guru mengajar, mereka melakukan aktivitas yang lainnya, seperti berteriak-teriak dan bermain.
Guru juga mengajak murid untuk bekerja sama seperti
menjalin hubungan yang positif terhadap murid lainnya, hal ini terlihat dari bagaimana pendapat beberapa murid
tentang guru tersebut seperti menyenangkan, baik, tepat waktu dan mudah di mengerti. Guru ini juga
mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab,
hal ini terlihat dari ada
struktur kelas di dalam kelas tersebut yang terdapat ketua kelas, sekretaris, dan bendahara.
Tetapi untuk menjadi manajer kelas yang efektif,
guru ini belum dapat
dikatakan sebagai manajer kelas yang efektif karena guru ini kurang dapat
mengontrol kelas sehingga kelas tidak kondusif yang berarti guru tersebut tidak
memperhatikan sejauh mana muridnya mengikuti pelajaran dan kurang menjaga
kelancaran dan kontuinitas pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar